Selamat Datang di Website Resmi

Pengadilan Agama Slawi

Kehadiran Website ini sebagai salah satu wujud komitmen kami dalam rangka menunjang keterbukaan informasi bagi masyarakat luas khususnya bagi para pencari keadilan di wilayah hukum Kabupaten Tegal. Semoga pemanfaatan teknologi ini memberikan kemudahan dalam memperoleh akses informasi secara efektif dan efisien.
Pengadilan Agama Slawi

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI

jadwal sidang

 

 

 

 

 

 

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

sipp

 

 

 

 

 

 

 

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

biaya perkara

 

 

 

 

 

 

 

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

Siwas

 

 

 

 

 

 

 

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

e court

 

 

 

 

 

 

 

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

 

AnalysisTelusuri serta awasi jalannya proses penyelesaian perkara anda 

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA SLAWI KELAS 1A – “BERSINAR” – BERSIH, EFEKTIF, RESPONSIF, SEMANGAT, INOVATIF, NETRAL, AKUNTABEL, DAN RAMAH

Jadwal Sidang

Momentum Peringatan Hari Kartini di Apel Senin Pagi

Slawi, 22 April 2019. Bersyukur bahwa Pengadilan Agama Slawi kelas IA sudah mencanangkan Wilayah Bersih dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), semoga dengan WBK dan WBBBM tersebut bisa memacu kita dalam melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Supaya WBK dan WBBM tidak hanya sekedar slogan saja, pembina apel (Drs, H, Sobirin, MH) mengajak kepada semua peserta apel untuk bisa meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas dengan membudayakan kerja cerdas dan tuntas. Pembina Apel juga mengajak semua peserta apel untuk bisa IKHSAN dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat di Pengadilan Agama Slawi Kelas IA.

Terakhir pembina apel mengucapkan selamat hari kartini kepada karyawati Pengadilan Agama Slawi Kelas IA, semoga momentum perjuangan peringatan hari kartini ini seluruh karyawati Pengadilan Agama Slawi Kelas IA bisa menyeimbangkan antara tugas sebagai ibu rumah tangga dan tugas sebagai karyawati di Pengadilan Agama Slawi Kelas IA.

Apel Pagi Pengadilan Agama Slawi

Minggu Ke 2 Bulan April 2019

 

Slawi, Kabupaten Tegal. Senin 08 April 2019 di halaman Pengadilan Agama Slawi kelas IA dilaksanakan apel pagi dengan pembina apel Ketua Pengadilan Agama Slawi, Drs, H, Nuheri, SH, MH. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh karyawan dan karyawati Pengadilan Agama Slawi kelas IA, mulai dari pejabat hingga staf. Apel pagi ini salah satu bagian dari membangun disiplin pegawai.

Dalam amanatnya Ketua PA Slawi menginstruksikan kepada seluruh pegawai yang terkait untuk bekerjasama meningkatkan rapor SIPP Pengadilan Agama Slawi Kelas IA yang saat ini masih ‘kuning’ menjadi ‘hijau’.

Di akhir amanatnya Beliau juga mengajak seluruh peserta apel pagi untuk berdoa bersama mendoakan mertua salah satu hakim Pengadilan Agama Slawi Kelas IA yang baru saja meninggal dunia, semoga diberi tempat yang terbaik disisiNya dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

KETUA PENGADILAN AGAMA SLAWI KELAS I A

CANANGKAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRTAS

 

Pada hari Rabu tanggal 6 Maret 2019 Masehi bertepatan dengan tanggal 29 Jumadil Akhir 1440 H. bertempat di ruang sidang utama Muadz bin Jabal, Ketua Pengadilan Agama Slawi Kelas I A, Drs. H. Nuheri, SH. MH. Mencanangkan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Slawi menegaskan komitmen dirinya dan seluruh Pejabat dan Staf Pengadilan Agama Slawi untuk mewujudkan Pengadilan Agama Slawi yang bersih dari Korupsi, Pungutan Liar dan Makelar Perkara.

Disaksikan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Bupati Tegal, Ketua Pengadilan Negeri Slawi, Kepala Kejaksaan Negeri Slawi , Waka Polres Tegal, Ketua MUI Kabupaten Tegal, Anggota Peradi dan tokoh Masyarakat,  Ketua Pengadilan Agama Slawi, memukul gong tanda diresmikannya Pencanangan Pembangunan Zona Integritas.

Ketua Pengadilan Agama Slawi menambahkan bahwa Pencanangan Pembangunan Zona Integritas ini merupakan prinsip fundamental dalam mewujudkan Birokrasi Bersih dan Melayani. Pengadilan Agama Slawi terus berupaya meningkatan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dengan melakukan inovasi-inovasi yang berbasis teknologi. Pembenahan ruang layanan dan Pengaduan dengan mewujudakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), menyediakannya program e-courd yaitu pendaftaran perkara secara on line serta disediakannya Pos Bantuan Hukum (Pos Bakum) bagi masyarakat yang membutuhkan secara gratis.

Bupati Tegal, Ibu Dra. Hj. Umi Azizah dalam sambutannya memberikan apreasi yang setinggi tingginya kepada seluruh jajaran Pengadilan Agama Slawi, yang telah berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik untuk Masyarakat Kabupaten Tegal, Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal terus berupaya agar angka Perceraian di Wilayah Kabupaten Tegal setiap tahun terus dapat di tekan. Disamping itu Bupati Tegal menyampaikan kehendaknya agar Pengadilan Agama Slawi dapat menyelenggarakan kembali kegiatan Pelayanan Itsbat Nikah Terpadu bekerja sama dengan instansi yang terkait yaitu Kementrian Agama dan Disdukcapil Kabupaten Tegal.

“ Korupsi……. Nooo…… Integritas……. Yess…… PA Slawi …… Bersinar

(Bersih, Efektif, Responsif, Semangat, Inovatif, Netral, Acountabel dan Ramah)

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Bapak Doktor H. Baharuddin Muhammad, SH. MH. Dalam amanatnya berpesan agar Zona Integritas yang telah di canangkan ini harus benar-benar  dapat diwujudkan, sehingga pelaksanaan tugas dan fungsi Pengadilan Agama Slawi dapat terlaksana dengan baik. Peningkatan kwalitas pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan harus di utamakan, terlebih dalam menghadapi survelen Akreditasi Pelayanan Mutu tahun 2019. Prinsip 5 Ringkas, Rapih, Rawat Resik, Rajin serta prisinsip 3 S Senyum, Sapa dan Salam, harus menjadi budaya kerja di Jawa Tengah khususnya di Pengadian Agama Slawi.

Ketua MUI Kabupaten Tegal Bapak KH. Chumaidi, ZA. SH. M.Hum. pada acara pencanagan tersebut memimpin do’a memohon kepada Allah SWT. agar Jajaran Pengadilan Agama Slawi dapat memberikan pengabdian terbaiknya kepada Masyarakat.

Usaia acara pencangan Zona Integritas tersebut, Panitera Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Bapak H. Tukiran, SH. MM mengadakan Bimbingan Teknis Adminstrasi Kepaniteraan yang diikuti oleh Panitera dan seluruh Panitera Muda, Panitera Pengganti dan Jurusita Pengganti Pengadilan Agama Slawi. (redaksi_dj).

Pembinaan dan bimbingan teknis Ketua, Wakil Ketua dan Hakim Pengadilan Agama Se Jawa Tengah Tanggal 15 Februari 2019 di Hotel Syahid Pekalongan. Acara telah dibuka oleh Ketua Koordinator wilayah karisidenan Pekalongan Drs. H. Abdul Ghofur, S.H., M.H. (Ketua Pengadilan Agama Pemalang), kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H. dalam sambutannya KPTA semarang menyampaikan tentang hasil Rakor Ketua kamar Agama Mahkamah Agung tanggal 21 Desember 2019, di Gedng Sekretariat Mahkamah Agung Lantai 6, Jl. Ahmad Yani Jakarta Pusat.

  1. Penaganan Zona Integrasi Menuju Wilayah Bebas Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani
  2. Pelayanan Terpadu Satu Pinu (PTSP)
  3. E-SKM Survey Kepuasan Masyarakat Elektronik

Dalam bimtek tersebut ada bebrapa Narasumber diantaranya :

1. H.Jaliansyah, SH, MH (Hakim Tinggi)menyampaikan Materi kerangka pelaksanaan Tugas Hakim amtara lain :

  1. Membantu pencari Keadilan (Pasal 4 ayat (2) Undang Undang No.48 Tahun 2009
  2. Mengatasi segala hambatan dan rintangan (Pasal 4 ayat(2) UU No.48 Tahun 2009)
  3. Memimpin persidangan (Pasal 15 ayat (2) UU No.48 Tahun 2009)
  4. Mendamaikan pihak-pihak yang bersengketa (Pasal 130 HIR/Pasal 154 RGb)
  5. Memeriksa dan mengadili perkara (Pasal 4 ayat (1) UU No.48 Tahun 2009)
  6. Membantu (menyusun)surat gugatan bagi yang buta huruf (Pasal 120 HIR/Pasal 143RGb)
  7. Memberikan pengarahan tentang tata cara prodeo bagi yang tidak mampu (Pasal 119 HIR/Pasal 143 RGb)
  8. Menyarankan penyempurnaan suart kuasa (Pasal 119 HIR/Pasal 143 RGb)
  9. Menganjurkan perbaikan surat gugatan/permohonan agar terhindar dari obscuur libel (Pasal 119,132 HIR/Pasal 157 dan 158 RGb)
  10. Memberi penjelasan tentang alat bukti yang sah (Pasal 132 HIR/Pasal 156 RGb)

2. Panitera Pengadilan Tinggi Agama Semarang H.Tukiran, SH, MM menyampaikan mengenai hasil Rapat Koordinasi Pengadilan Tinggi Agama dengan Pengadilan Agama SeJawa-Tengah tanggl 31 Januari 2019 s/d 01 Februari 2019 antara lain Sebagai Berikut :

  1. Dalam rangka untuk ketertiban, keseragaman dan percepatan penyelesaian perkara diperlukan langkah-langkah dan kebijakan
  2. Pengelolaan panggilan delegasi harus sesuai dengan ketentuan SEMA Nomor 6 Tahun 2014
  3. Pengelolaan perkara wajib dilakukan dengan tertib, transparan dan akuntabel dengan menggunakan aplikasi pendukung SIPP yang meliputi buku keuangan
  4. Penitian uang nafkah dari Pemohon yang pada sidang ikrar talk Termohon tidak hadir wajib dilakukan dengan prosedur permohonan konsignasi
  5. Penyampaian salinan putusan kepada para pihak merupakan kewajiban harus dilaksanakan sesuai ketentuan pasal 64.a UU Nomor 50 Tahun 2009 dan Ketentuan KMA nomor 026/SK/KMA/2012 tentang standar pelayanan Pengadilan
  6. Pengelolaan laporan perkara harus memanfaatkan aplikasi SIPP dan Aplikasi pendukung yang tersedia .
  7. Pengiriman berkas permohonan banding paling lama 30 hari sejak tanggal akta banding diterima/didaftar pada pengadilan tingkat pertama.
  8. Untuk meningkatkan kinerja SIPP maka seluruh satuan kerja harus menginput secara lengkap data data yang diperlukan.
  9. Penataan arsip berkas perkara harus didukung dengan penginputan data kendali arsip pada aplikasi SIPP.
  10. Pengelolaan pengembalian sisa panjar petkara wajib dilakukan dengan tertib dan transparan
  11. Pengelolaan biaya pemberkasan ATK perkara wajib dilakukan dengan tertib dan transparan menggunakan buku bantu pada aplikasi pendukung SIPP dan penggunaannya.

Dalam bimtek tersebut juga ditayangkan hasil penilaian website per tanggal 30 Januari 2019, audit kinerja penyelesaian perkara per tanggal 8 Februari 2019 dan Implementasi E-Court.

Hasil Penilaian Website Per Tanggal 30 Januari Tahun 2019

Nomor

Satuan Kerja

Skor Total

Capaian (%)

1

PA SLAWI

360

82%

2

PA BATANG

345

78%

3

PA PEKALONGAN

340

77%

4

PA PEMALANG

310

70%

5

PA BREBES

310

70%

6

PA KAJEN

285

65%

7

PA TEGAL

235

53%

MOU POS BANTUAN HUKUM PENGADILAN AGAMA SLAWI KELAS I A

 

Bertempat di ruang rapat Pengadilan Agama Slawi kelas I A, pada hari Rabu tanggal 13 Februari 2019 telah dilaksanakan Memorandum of under standing (MOU) antara Pengadilan Agama Slawi kelas I A dengan Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran Purwokerto terakreditasi A tentang Pos Bantuan Hukum pada Pengadilan Agama Slawi tahun 2019.

Dalam pengantarnya Ketua Pengadilan Agama Slawi Drs. H. Nuheri, SH. MH mengatakan bahwa pelaksanaan MoU Posbakum Pengadilan Agama Slawi kelas I A ini merupakan implementasi dari pelaksanaan anggaran Dipa 04 tahun anggaran 2019 Pengadilan Agama Slawi yang dalam pelaksanaan Pos Bantuan Hukum berpedoman pada Peraturan Mahkamah Agung R.I Nomor 1 tahun 2014.

Pada bagian akhir kegiatan tersebut, Ketua Pengadilan Agama Slawi khususnya kepada penyedia Jasa Pos Bakum yaitu Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran Purwokerto yang telah terakreditasi dengan nilai A, agar memberikan pelayanan hukum kepada Masyarakat dengan sebaik, baiknya, ruh dari Perma Nomor 1 tahun 2014 sebagai landasan dalam pelaksanaan Pos Bakum harus benar-benar di indahkan, diantaranya layanan hukum harus berazaskan pada :

  1. Keadilan
  2. Sederhana dan cepat
  3. Non Diskriminatif
  4. Transparansi
  5. Akuntabilitas
  6. Efektifitas
  7. Bertanggungjawab dan
  8. Profesional

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

APLIKASI - APLIKASI  PENDUKUNG

   

   

 

Prosedur Permohonan Informasi

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?

informasiKetua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan

 

 

 

 

 

 

Justice For All, Pelayanan Prima Putusan Berkualitas


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Slawi Kelas I-A

location icon 1 Jalan Gajahmada PO.BOX 34 - Slawi

location icon Kab. Tegal - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0283) 491048

Fax icon Fax: (0283) 491476

Communication email blue icon Email : paslawiayu@gmail.com

Peta Lokasi