Copyright 2018 - design ulang oleh TIM IT PA SLAWI 2017

Fokus PA Slawi

 

Info

SK SEKMA tentang penyampaian LHKPN 19-03-2018

Pengumuman

Seleksi Kegiatan Pekerjaan Pos Pelayan Hukum/POSBAKUM 02-02-2018

Pengumuman

Penerimaan Mediator Non Hakim, 27-12-2017
Pemberitahuan Jadwal Rapat Desember 06-12-2017
Pemberitahuan Penyusunan Laporan Keuangan Triwulan III Komprehensif Tahun 2017. 12-10-2017
Undangan Undangan Dinas  ,  Lampiran 11-10-2017
Undangan  Rapat Koordinasi  09-10-2017

 

 


NOTA KESEPAHAMAN  KERJA SAMA

MEMORANDUM of UNDERSTANDING (MoU)

Antara

PENGADILAN AGAMA SLAWI KELAS IA

dengan

PT. POS INDONESIA/KANTOR POS TEGAL

 

Slawi, 03 April 2018 l www.pa-slawi.go.id

Drs. H. Nuheri, SH., M.H. dan M. Anung Harijanto sesaat setelah penandatanganan MoU

            Pelayanan prima adalah moto yang digadang-gadang Pengadilan Agama Slawi Kelas IA dalam upaya memberikan pelayanan kepada para pihak yang berperkara baik dalam urusan persidangan maupun dalam tertib administrasi. Salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka tertib administrasi adalah dengan menggandeng pola kemitraan yang saling menguntungkan diantara kedua belah pihak hal tersebut tercermin dengan adanya nota kesepahaman yang dilakukan oleh Pengadilan Agama Slawi Kelas IA dengan PT. Pos Indonesia Cabang Tegal.

            Dampak yang timbul dari kerjasama ini  para pihak yang berperkara lebih dimudahkan dalam hal nazegelen buku nikah dan KTP sebagai salah satu syarat dalam mengajukan permohonan maupun gugatan sehingga dengan demikian para pihak tidak susah lagi harus datang ke kantor Pos yang lokasinya jauh dari kantor Pengadilan Agama Slawi. Para pihak cukup datang ke loket di ruang pelayanan  bagian konter pos maka petugas dari kantor Pos akan melayaninya. Adapun bentuk kerjasama yang dilakukan antara lain :

  1. Penerimaan setoran PNBP;
  2. Pengiriman Wesel Pos;
  3. Pengiriman surat-surat, dokumen, warkatpos, kartupos paket pos lainnya sesuai dengan jenis layanan yang tersedia;
  4. Penyediaan barang-barang pos berupa prangko dan meterai;
  5. Menazegelen dokumen autentik yang akan dijadikan alat bukti dalam persidangan;
  6. Pembayaran rekening Listrik, Telepon, PDAM, PBB, Pajak, pembelian pulsa;
  7. Dan layanan jenis lainnya yang disediakan oleh Kantor Pos.

harapan besar tentunya akan nilai serta manfaat yang diperoleh baik oleh para pihak yang berperkara, pihak luar lainnya maupun oleh para pegawai Pengadilan Agama Slawi Kelas IA untuk dapat menikmati fasilitas serta layanan yang disediakan oleh pihak PT. Pos Indonesia, demikian ungkap Drs. H. Nuheri, SH., M.H. selaku Ketua PA Slawi dalam sambutannya. Ditambahkan pula oleh bapak Dedeng Jaelani, S.H.  selaku Sekretaris PA Slawi yang menyatakan bahwa kerjasama ini baru pertama kali dilakukan oleh pihak Pengadilan terutama daerah Karesidenan Pekalongan.

           Gayung bersambut rupanya sekaligus apresiasi yang sangat tinggi diutarakan oleh kepala  PT. Pos Indonesia Cabang Tegal M. Anung Harijanto atas kerja sama ini dengan menyatakan bahwa ini merupakan terobosan dari perusahaan BUMN dalam upaya mengembangkan sayap bisnisnya melalui jaringan secara online sehingga segala bentuk transaksi apapun dapat dengan mudah diakses hanya dalam hitungan menit proses transaksi langsung diterima oleh pihak penerima.

PENGADILAN AGAMA SLAWI KELAS I A

MEMBANGUN KERJASAMA/MEMORANDUM OF UNDERSTANDING

DENGAN IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

 

 Slawi, 19 Maret 2018 I www.pa-slawi.go.id 

         Bertempat di ruang kerja Ketua Pengadilan Agama Slawi, pada hari Senin tanggal 19 Maret 2019 telah ditandatangani nota kesepahaman kerjasama/memorandum of understanding (MOU) antara Pengadilan Agama Slawi Kelas IA dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon (Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Syari’ah). Tujuan dibangunnya komunikasi kedua belah pihak yang diaktualisasikan dalam sebuah naskah Nota Kesepahaman kerja sama adalah untuk pengembangan Kedua Institusi dan peningkatan program kerja lembaga masing-masing, yang secara jelas dituangkan dalam ruang lingkup sebagai berikut :

  1. Penelitian sesuai dengan topik/tema yang telah disepakati oleh para pihak;
  2. Pertemuan ilmiah untuk kepentingan para pihak;
  3. Pertukaran Informasi yang dilakukan atas dasar kesepakatan para pihak;
  4. Pendidikan dan pelatihan untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi kedua belah pihak;
  5. Pembangunan pengembangan jaringan kerja (Networking) yang telah disepakati kedua belah pihak;
  6. Praktek Kerja lapangan (PKL)/magang bagi mahasiswa untuk pemahaman di bidang hukum;
  7. Bidang-bidang lain yang dianggap perlu dan disepakati oleh para pihak.

 Drs. H. Nuheri, SH.MH saat menandatangani MOU dengan pihak IAIN Syekh Nurjati Cirebon

         Drs. H. Nuheri, SH.MH selaku Ketua Pengadilan Agama Slawi dalam sambutannya menegaskan bahwa pihak Pengadilan Agama Slawi menyambut  baik dibangunnya kerjasama dengan IAIN Cirebon dengan harapaan kedua belah pihak dapat diuntungkan dengan dilakukannya MoU  tersebut khususnya dibidang peningkatan pengembangan sumber daya manusia dan pembangunan pengembangan jaringan kerja/networking. Ketua Pengadilan Agama Slawi juga berharap kesepakatan ini dapat dilaksanakan secara riil dan mendapatkan ridlo dari Allah SWT.

       Pada kesempatan tersebut Dekan Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam IAIN Syeikh Nurjati Cirebon, DR. H. AAN JAELANI, M.Ag menjelaskan bahwa kerjasama yang dibangun kedua belah pihak ini mempunyai arti yang strategis, disamping merupakan aktualisasi dari disiplin ilmu yang dipelajari oleh para Mahasiswa dibangku perkuliahan, sehingga ada keseimbangan baik teori maupun praktik dalam penerapannya serta dibidang administrasi MOU ini mempunyai nilai/rating dalam akreditasi. (red).

PELANTIKAN HAKIM DAN PENYERAHAN PIAGAM

PEGAWAI TELADAN

PENGADILAN AGAMA SLAWI KELAS IA

 

 

Ketua Pengadilan Agama Slawi Kelas IA Drs. H. Nuheri, S.H., M.H. saat melantik

Hakim Drs. H. Sobirin, MH

 

Slawi, 02 Maret 2018 I www.pa-slawi.go.id 

Upaya peningkatan kinerja sebuah lembaga ditandai dengan adanya promosi dan mutasi serta penghargaan yang diberikan kepada setiap pegawai , dengan semakin bertambahnya beban serta tanggung jawab dalam upaya peningkatan mutu baik kinerja maupun pelayan kepada publik tentunya harus ditopang oleh kemampuan sumber daya manusia yang mumpuni. Untuk menunjang usaha tersebut tentunya membutuhkan tenaga-tenaga terampil serta potensial dalam mewujudkannya, salah satu upaya tersebut berdasarkan surat keputusan No. 25/KMA/SK/I/2018 tentang promosi dan mutasi Hakim Tinggi, Ketua, Wakil Ketua dan Hakim pada lingkungan Peradilan Agama tertanggal 26 Januari 2018. Pengadilan Agama Slawi Kelas IA kedatangan seorang Hakim Drs. H. Sobirin, M.H.  yang semula Wakil Ketua Pengadilan Agama Pandeglang Kelas II. Dengan promosi ini tentunya yang dilantik dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Pengadilan Agama Slawi Kelas IA dan memberikan keberkahan bagi yang dipromosi serta dapat mengabdikan diri di lembaga ini secara ikhlas dan diridhoi oleh Allah SWT, khairunnas anfauhum linnas sebaik-naik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain, demikian kata sambutan yang diutarakan oleh Ketua Pengadilan Agama Slawi Kelas IA Drs. H. Nuheri, S.H., M.H. kemudian dilanjutkan dengan ucapan selamat sekaligus pemberian piagam penghargaan yang ditujukan kepada pegawai teladan yang berdasarkan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Slawi Nomor W11-A11/595/Kp.02.1/II/2018 tentang Penetapan Pegawai Teladan (role model) pada Pengadilan Agama Slawi Kelas IA yang mana diterima oleh Vonding Hedi Wiyoto, SE. tentunya hal ini adalah sebagai contoh bagi seluruh aparatur peradilan untuk senantiasa bekerja secara baik dan benar yang diharapkan menjadi motivasi dalam meningkatkan kinerja baik untuk dirinya maupun menjadi motivasi bagi pegawai yang lainnya demikian dalam sambutan penutupnya.

Ketua Pengadilan Agama Slawi Kelas IA Drs. H. Nuheri, S.H., M.H. saat memberikan

Piagam Penghargaan kepada Pegawai Vonding Hedi Wiyoto, SE

Penetapan Kinerja Tahunan (PKT)

Tahun 2017

 

BAKTI SOSIAL PENGADILAN AGAMA SLAWI

                Banjir yang melanda Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Brebes pada akhir bulan Februari 2018 membuat ribuan warga terkena dampaknya. Sebagai wujud dari kepedulian rasa kemanusiaan terhadap sesama, pada hari kamis tanggal 01 maret 2018 Pengadilan Agama Slawi mengadakan bakti sosial ke Kabupaten Brebes yang diwakili oleh Drs. H. Nuheri, SH, MH (Ketua), H.Machyat, MH (panitera), dan perwakilan pegawai.

      

                Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Ketua dan Panitera Pengadilan Agama Slawi kepada Penanggungjawab posko bantuan di kecamatan losari. Harapan dari kegiatan bakti sosial ini semoga bisa meringankan beban bagi warga yang terkena dampak banjir