 WASPADA PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN PEGAWAI PENGADILAN AGAMA SLAWI KELAS 1A TERKAIT JANJI PENYELESAIAN PERKARA DENGAN PERMINTAAN IMBALAN SEJUMLAH UANG 

Badilag Menyiapkan SDM untuk Mewujudkan Peradilan Agama Berkelas Dunia

image001

Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id

Rapat Koordinasi Ditjen Badilag 2021 mengangkat tema “Menjadikan Badan Peradilan Agama Republik Indonesia yang Modern dan Menuju Peradilan Dengan Birokrasi Berkelas Dunia”, salah satu langkah awal mewujudkan maksud tersebut adalah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga Direktorat Jenderal Bdan Peradilan Agama melalui Direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Agama melaksanakan Bimtek Administrasi Peradilan Berstandar Internasional (program Akreditasi Penjaminan Mutu terintegrasi)yang diselenggarakan selama 3 hari secara daring (virtual) mulai 16 s/d 18 Maret 2021.

Dr. Dra. H. Nur Djannah, Syaf, S.H.,M.H dalam laporan kegiatan penyelenggara menerangkan “Latar belakang yang pertama yang mendasari dilaksanakannya kegiatan ini adalah bahwa Pembimbing dan Asessor APM yang ada saat ini adalah mereka yang direkrut pada periode 2017 – 2018 dengan substansi materi focus pada manajemen mutu yang mengadopsi standar ISO 9001-2015, sementara saat ini sudah banyak Isu lain yang mesti diperhitungkan antara lain Isu tentang manajemen Anti Penyuapan yang sudah memiliki standar Internasional yaitu ISO 37001-2016, termasuk juga tuntutan Reformasi Birokrasi/Zona Integritas, sehingga pemahaman dan pengetahuannya perlu disesuaikan.

Kemudian kebutuhan pembimbing pelaksanaan akreditasi penjaminan mutu di masing-masing wilayah sangat diperlukan, mengingat jangkauan wilayah yang sangat luas, disamping itu promosi dan mutasi aparatur di lingkungan peradilan agama cukup tinggi, sehingga dibeberapa wilayah kekurangan pembimbing maupun asesor serta kontinuitas implementasi APM di satker masih jauh dari harapan, (banyak yang ketika di sidak memprihatinkan) dikarenakan pemahaman dan juga keterbatasan trainer atau pembimbing.”Disamping pula bahwa tujuan bimtek ini adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para asesor APM tentang Manajemen Peradilan berstandar Internasional, menambah jumlah Asessor APM, dan menambah Pembimbing/Trainer Akreditasi Penjaminan Mutu di lingkungan Badan Peradilan Agama.

image003

Kegiatan ini dikuti oleh peserta para asesor dan Calon Asesor/Pembimbing diantaranya dari Unsur Hakim Tinggi Agama, Ketua, Wakil Ketua, dan Hakim Pengadilan Tingkat Pertama, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Tingkat Pertama, dan Pejabat Struktural dan Fungsional Pengadilan Tingkat Banding.

Dr. Drs H. Aco Nur, S.H.,M.H membuka secara resmi kegiatan bimbingan teknis/Pelatihan Administrasi Peradilan Berkualitas dan Berstandar Internasional (Akreditasi Penjaminan Mutu) Tahun 2021. Dalam sambutannya Dirjen Badilag menyampaikan terima kasih kepada narasumber Pak Ainun Najib yang jauh-jauh kita datangkan dari Surabaya, di mana kegiatan ini membentuk sumber daya manusia yang akan menjadi evaluator organisasi yang mengevaluasi perkembangan dan program organisasi kita yang disebut asesor.

image005

Sudah barang tentu suatu Asesor harus memiliki kualitas, kemampuan dan kompetensi terhadap objek yang menjadi pemeriksaannya. Oleh sebab itu kepada teman-teman yang sudah menjadi asesor dan yang akan menjadi asesor untuk benar-benar mengikuti acara yang kita selenggarakan ini. Selaintu terdapat beberapa hal pokok yang diamanatkan oleh Pak Dirjen Badilag yang meliputi:

  1. Pak Dirjen meminta tiap Pengadilan Tinggi Agama terdapat asesor juga pembimbing dan setelah ini agar disosialisasikan kepada aparatur Setuan Kerja PTAnya termasuk Hakim Tinggi. Sehingga diharapkan ketika melakukan pengawasan tidak hanya dari sisi teknis tetapi menyeluruh terhadap semua aspek yang ada di pengadilan (Standar APM;
  2. Pedoman APM yang kini tengah disempurnakan harus mengakomodir dan mengintegrasikan beberapa nasional dan internasional seperti Zona Integritas dan International Standar Organisation (ISO),dan International Framework for Court Excellence (IFCE).
  3. Saya minta juga agar penilaian yang dilakukan oleh asesor dilakukan secara professional, kredibilitas, dan berintegritas. Jangan mudah dikasih nilai A Excellent apabila benar-benar tidak terpenuhi. (Agus Digdo)

Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Slawi Kelas I-A

location icon 1 Jalan Gajahmada PO.BOX 34 - Slawi

location icon Kab. Tegal - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0283) 491048

 Whatsapp : 081226962229

Communication email blue icon Email : paslawiayu@gmail.com

Peta Lokasi