Bimbingan Teknis Adminsitrasi Peradilan Berkualitas dan Berstandar Internasional Resmi Ditutup

image003

Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id

Setelah berlangsung selama 3 hari, Kamis (18/3), bimbingan teknis adminsitrasi peradilan berkualitas dan berstandar internasional ditutup dengan dilaksanakannnya Post Test Evaluasi Substansi.

Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama yang diwakili oleh Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H.,M.H. dalam sambutan penutupan mengapresiasi semangat peserta bimtek ."Terimakasih atas antusias peserta dalam mengikuti pembelajaran dan saya juga berterimakasih kepada narumber yang sudah mengalih transferkan keilmuannya dalam bidang menejemen berkelas internasional. Mohon maaf karena pak Dirjen ada tugas lain, jadi saya mewakili beliau,” ujarnya

Kepada para peserta bimtek Nur Djannah Syaf berpesan agar jangan berhenti belajar, meskipun bimtek sudah selesai, karena lingkungan selalu berubah. Ia juga menghimbau kepada para peserta sesampainya di satker masing-masing untuk segera mengimplementasikan dasar keilmuan yang sudah diterima selama tiga hari ini dalam lingkungan pekerjaan.

"Sosialisasikan keilmuan yang sudah diperoleh ini kepada aparat pengadilan lainnya baik disatker masing-masing, dan khusus PTA/MS Aceh agar tidak lupa untuk lakukan sosialisasi kepada para Hakim Tinggi Pengawas lainnya, sehingga ketika melakukan pembinaan dan pengawasan dapat dilakukan secara holistic (keseluruhan) tidak hanya melulu tentang teknis peradilan. Gunakan standar APM sebagai dasar untuk pembinaan dan pengawasan," kata Nur Djannah Syaf yang di dampingi Kasubdit Bimbingan dan Monitoring Sutarno, S.Ip., M.M dan narasumber M Ainun Najib, S.E., M.M ketika menutup acara di Gedung Sekretariat MA, lantai 7 , Jakarta Pusat.

Selain itu Ibu Direktur juga menyampaikan beberapa informasi berupa:

  1. Terdapat 3 kategori sebagai hasil akhir dari bimtek ini yaitu Asesor, Trainer, Lainnya;
  2. Penjaminan Mutu itu adalah kontinuitas seiring dengan perkembangan kebutuhan stakeholder, jadi tidak akan berhenti selama kita ingin menjaga mutu pengadilan kita, meskipun ketika sudah mendapat akreditasi A;
  3. Beberapa perkembangan rancangan kebijakan yang sekarang sedang digarap oleh Ditjen Badilag (dalam hal ini Ditbinadmin) diantaranya Penyempurnaan pedoman APM, Penyempurnaan pedoman penilaian SIPP, Penyempurnaan e-Pelaporan, Penyempurnaan Penilaian SIPP secara elektronik, Pengembangan PAPM (Penialian Akreditasi Penjaminan Mutu secara Elektronik), dan Pusat Data Perkara Peradilan Agama.

image007

"Demi mengefisienkan waktu dan dengan mengucapkan “Alhamdulillahirabbil aalamiin” kegiatan Bimbingan Teknis Adminsitrasi Peradilan Berkualitas dan Berstandar Internasional (Manajemen Mutu) saya nyatakan ditutup secara resmi," ujarnya(Agus)