 WASPADA PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN PEGAWAI PENGADILAN AGAMA SLAWI KELAS 1A TERKAIT JANJI PENYELESAIAN PERKARA DENGAN PERMINTAAN IMBALAN SEJUMLAH UANG 

Laporan Hasil Pelaksanaan Survei Indeks Persepsi Korupsi

 LAPORAN HASIL PELAKSANAAN SURVEI INDEKS PERSEPSI KORUPSI

PADA PENGADILAN AGAMA SLAWI TAHUN 2021

 

Dari hasil survei Persepsi Korupsi yang telah dilakukan Satuan Kerja Pengadilan Agama Slawi diperoleh informasi bahwa pada pengadilan Agama Slawi memiliki Indeks Persepsi Korupsi 3,77 atau masuk pada kategori Bebas dari Korupsi.

Indeks persepsi tersebut merupakan komposit dari indeks 10 indikator yang masing- masing memiliki indeks sebagai berikut:

  1. Indikator Manipulasi Peraturan, mendapat indeks 3,78
  2. Indikator Penyalahgunaan Jabatan, mendapat indeks 3,76
  3. Indikator Menjual Pengaruh, mendapat indeks 76
  4. Indikator Transaksi Biaya, mendapat indeks 3,77
  5. Indikator Transaksi Rahasia, mendapat indeks 3,77
  6. Indikator Biaya Tambahan, mendapat indeks 3,76
  7. Indikator Hadiah, mendapat indeks 3,76
  8. Indikator Transparansi Biaya, mendapat indeks 3,75
  9. Indikator Percaloan, mendapat indeks 3,78
  10. Indikator Perbuatan Curang, mendapat indeks 3,78

Merujuk pada hasil indeks persepsi pada setiap indikator terhadap pelayanan di Satuan Kerja Pengadilan Agama Slawi Tahun 2021 tersebut di atas, menunjukkan bahwa mayoritas indikator memiliki indeks di atas 3,7 atau masuk pada persepsi Bebas dari Korupsi. Ditambah nilai yang diberikan oleh responden tidak ada yang memberikan kurang dari 3 dan beberapa indikator ada yang menunjukan peningkatan nilai kumulasi.

Namun dari sepuluh indikator penyusun tersebut menunjukkan bahwa indikator Transparansi Pembayaran memiliki indeks paling rendah diantara indikator lainnya yaitu 3.75 kendatipun ada nilai tersebut sedikit ada peningkatan dari survei periode sebelumnya. Selain itu, terdapat 3 Indikator yang memiliki penilaian tertinggi yaitu Manipulasi Peraturan, Percaloan dan Indikator Perbuatan Curang yang masing-masing mendapatkan nilai 3,78.

Dengan demikian, maka terhadap hasil penelitian tersebut Tim Peneliti IPK merekomendasikan agar segera mengevaluasi mengenai pelaksanaan transparansi pembayaran yang dilakukan oleh Pengadilan Agama Slawi terhadap media yang digunakan, baik melalui Benner maupun Website, serta harus memperhatikan posisi penempatan media tersebut sehingga mudah diakses oleh masyarakat, selain itu untuk diperhatikan denga adanya penurunan nilai pada indikator Penyalahgunaan Jabatan dengan lebih mensosialisasikan “Zona Integritas di PA Slawi”.

Selengkapnya lihat disini

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Slawi Kelas I-A

location icon 1 Jalan Gajahmada PO.BOX 34 - Slawi

location icon Kab. Tegal - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0283) 491048

 Whatsapp : 081226962229

Communication email blue icon Email : paslawiayu@gmail.com

Peta Lokasi