Laporan Hasil Pelaksanaan Survei Indeks Persepsi Korupsi

 LAPORAN HASIL PELAKSANAAN SURVEI INDEKS PERSEPSI KORUPSI

PADA PENGADILAN AGAMA SLAWI  SEMESTER I TAHUN 2023

 

Dari hasil survei Persepsi Korupsi yang telah dilakukan Satuan Kerja Pengadilan Agama Slawi diperoleh informasi bahwa pada pengadilan Agama Slawi memiliki Indeks Persepsi Korupsi 3,88 atau masuk pada kategori Bebas dari Korupsi.

Indeks persepsi tersebut merupakan komposit dari indeks 10 indikator yang masing- masing memiliki indeks sebagai berikut:

  1. Indikator Manipulasi Peraturan, mendapat indeks 3,87
  2. Indikator Penyalahgunaan Jabatan, mendapat indeks 3,85
  3. Indikator Menjual Pengaruh, mendapat indeks 87
  4. Indikator Transaksi Biaya, mendapat indeks 3,90
  5. Indikator Biaya Tambahan, mendapat indeks 3,90
  6. Indikator Hadiah, mendapat indeks 3,87
  7. Indikator Transparansi Biaya, mendapat indeks 3,86
  8. Indikator Percaloan, mendapat indeks 3,88
  9. Indikator Perbuatan Curang, mendapat indeks 3,87
  10. Indikator Transaksi Rahasia, mendapat indeks 3,88

Merujuk pada hasil indeks persepsi pada setiap indikator terhadap pelayanan di Satuan Kerja Pengadilan Agama Slawi Tahun 2023 tersebut di atas, menunjukkan bahwa mayoritas indikator memiliki indeks di atas 3,88 atau masuk pada persepsi Bebas dari Korupsi. Ditambah nilai yang diberikan oleh responden tidak ada yang memberikan kurang dari 3 dan beberapa indikator ada yang menunjukan peningkatan nilai kumulasi.

Namun dari sepuluh indikator penyusun tersebut menunjukkan bahwa indikator penyalahgunaan jabatan memiliki indeks paling rendah diantara indikator lainnya yaitu 3,85. Selain itu, terdapat Indikator yang memiliki penilaian tertinggi yaitu Transaksi Biaya dan Biaya Tambahan yang mendapatkan nilai 3,90.

Dengan demikian, maka terhadap hasil penelitian tersebut Tim Peneliti IPK merekomendasikan agar segera mengevaluasi mengenai percaloan, baik melalui Banner maupun Website, serta harus memperhatikan posisi penempatan media tersebut sehingga mudah diakses oleh masyarakat, selain itu untuk diperhatikan dengan adanya penurunan nilai pada indikator Penyalahgunaan Jabatan dengan lebih mensosialisasikan “Zona Integritas di PA Slawi”.

Selengkapnya lihat disini

 

The 36mm Oyster case of the 18k yellow gold replica rolex watches Day-Date 36 watch flaunts a diamond-set bezel, as well as diamond decorated lugs. Powering the time and the famous duo of windows on the dial displaying the day of the week in full and the date is the Rolex Cal. 3155 manufacture automatic movement with 48 hours of power reserve.

Peta Lokasi

Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Slawi Kelas I-A

location icon 1 Jalan Gajahmada PO.BOX 34 - Slawi

location icon Kab. Tegal - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0283) 491048

(Klik untuk WA chat)  

Communication email blue icon Email : paslawiayu@gmail.com

 

pa-slawi.go.id